Sambutan Dekan

Hi...

Swiftiest dan Digitalisasi Komunikasi!

Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa Taylor Swift bukan hanya sekadar penyanyi, tetapi juga fenomena ekonomi global? “The Eras Tour” miliknya tidak hanya memecahkan rekor dengan pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS, tetapi juga menggerakkan perekonomian lokal di kota-kota yang disinggahinya. Mulai peningkatan okupansi hotel hingga lonjakan pendapatan restoran, dampaknya terasa nyata.

Di balik itu semua, kekuatan fandom menjadi penggerak utama dari fenomena tersebut.Komunitas penggemar Taylor Swift, yang dikenal sebagai “Swifties,” bukan sekadar penggemar setia, tetapi juga kekuatan ekonomi dan kultural yang mampu menggerakkan tren global melalui interaksi digital. Di sisi lain, industri marketing communication dan digital public relations juga beradaptasi di era digital. Termasuk di dalamnya pengelolaan komunikasi organisasi yang harus menyesuaikan dengan tuntutan kerja yang semakin fleksibel dan mengglobal. Dengan demikian, tuntutan kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi salah satu keniscayaan di dunia yang semakin terhubung ini.

Merespon situasi yang telah berubah tersebut, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Fikom UKWMS) telah merancang kurikulum yang relevan dengan berfokus pada komunikasi digital. Fakultas ini memiliki dua program studi, yakni Program Studi Ilmu Komunikasi di Kampus Surabaya dan PSDKU Bahasa Inggris di Kampus Madiun. Prodi Ilmu Komunikasi dirancang dengan dua konsentrasi studi: Media Digital Communication dan Digital Public Relations and Marketing Communication. Sedangkan PSDKU Bahasa Inggris berfokus pada penggunaan Bahasa Inggris untuk bidang ilmu komunikasi.

Kami percaya, untuk menjadi komunikator yang relevan di era digital, mahasiswa perlu memahami isu-isu populer dan dampaknya terhadap masyarakat. Oleh karena itu, kami tidak hanya mengajarkan teori komunikasi, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan menganalisis fenomena budaya populer dan menguasai strategi digitalisasi komunikasi. Kami ingin mahasiswa kami tidak hanya menjadi pengamat, tetapi juga pelaku yang mampu merespons perubahan dengan kreatif dan inovatif.

Dengan pendekatan kolaborasi dan inovasi, kami di Fikom UKWMS siap membentuk generasi komunikator yang kreatif, reflektif, dan profesional. Kami tidak takut mengeksplorasi isu-isu populer dan menghubungkannya dengan strategi komunikasi yang berdampak. Jika Harvard University sampai mengembangkan mata kuliah berjudul “Taylor Swift and Her World”, maka Fikom UKWMS mengembangkan banyak kajian yang relevan dengan situasi zaman serba digital.

Sejarah evolusi menyatakan,yang bertahan bukanlah yang paling kuat, atau paling besar, namun yang mampu beradaptasi”. Bergabunglah bersama kami dan jadilah bagian dari komunitas yang siap menjawab tantangan era digital dengan pemikiran segar dan ide-ide cemerlang.

Selamat datang di Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS, tempat di mana isu-isu populer dan digitalisasi komunikasi diformulasi menjadi inspirasi tanpa batas!

Dr. Finsensius Yuli Purnama, S.Sos., M.Med.Kom.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

0

+

Training Locations
300

+

Aircrafts
0

+

Testimonials
800

+

Graduates Hired in the Last 1 Year
Program Kami

Exploring Academic Excellence: Meet Our Faculty and Programs

Our study programs are thoughtfully designed to balance rigorous academic theory with practical, real-world applications Join us to explore a world where excellence in education.

Program Studi Bahasa Inggris Kampus Madiun

Program Studi Ilmu Komunikasi